-->

APA SIH STEAM ITU?

Istilah keren dan viral saat ini yaitu STEAM. Apa STEAM itu? 
Begini STEAM menurut Imam Ghozali.

STEAM 
Oleh: ighoz

Lagi viral nih. Apa tuh? Yang mana sih? Kepo ni yee??? Itu lo STEAM. Tahu STEAM gak? Belum tahu kuy. Owalah!!! Masak belum tahu. Padahal lagi booming tuh. Berarti kamu KUPDATE alias kurang update tentang STEAM. Terus STEAM itu apa mas brow? Penasaran ya? Oke deh, berikut ini tentag STEAM secara garis besarnya.

STEAM merupakan singkatan dari Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics. Adalah model pembelajaran dengan tujuan peserta didik mampu berpikir kreatif, kritis, komunikatif, dan kolaboratif. Pelaksanaannya secara terpadu (intregrated) sebagai satu kesatuan dari beberapa komponen. Dengan kata lain, STEAM bukanlah pembelajaran yang terpisah-pisah sesuai dengan mata pelajarannya, Tapi bagaimana cara mengkolaborasikan atau menerapkan seluruh komponen yang ada dalam pelajaran-pelajaran tersebut. Peserta didik dituntut untuk mampu menganalisa dan berpikir kritis dalam mengolah data dan menyelesaikan suatu masalah di kehidupan sehari-hari.

Berikut ini penjelasan aspek-aspek STEAM sesuai dengan singkatannya. Huruf pertama yaitu S (Science/Sains). Pada fase ini, Peserta didik dituntut untuk mampu menggunakan pendekatan scientific method dalam menyelesaikan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari. Huruf kedua yaitu T (Technology/Teknologi). Peserta didk akan berkolaborasi dalam penggunaan teknologi baik untuk mengolah data maupun menyampaikan informasi yang mereka dapatkan. Huruf ketiga yaitu E (Engineering/rekayasa). Peserta didik akan mengkolaborasikan hasil temuannya guna menciptakan suatu produk atau dapat pula mencari solusi-solusi yag tepat. Huruf keempat yaitu A (Arts/Seni). Peserta didik akan mengkreasikan produk/temuan mereka agar dapat diterima oleh masyarakat ataupun bagaimana cara mereka mempromosikan hasil temuan tersebut. Huruf yang terakhir yaitu M (Mathematics/Matematika). Peserta didik akan mengunakan pendekatan matematika dalam mengolah data yang mereka dapatkan. 

Dari uraian di atas, STEAM kelihatan ruwet ya? Tidaklah kuy. Ya karena belum paham saja. Nih supaya lebih paham tentang pelaksanaan STEAM. Saya kasih contoh yang mudah ya. Supaya cepat paham gitu. Terus jika sudah paham, bisa diterapkan di kelas masing-masing. Inilah contohnya: SCIENCE: Pengetahuan tentang pengolahan bahan untuk membuat roti dan kue. TECHNOLOGY: Penggunaan alat-alat teknlogi dalam membuat kue. Seperti Mixer, Oven, dan alat-alat teknologi lainnya yang digunakan untuk membuat kue. ENGINEERING: Mengatur formulasi bahan-bahan membuat kue secara efisien dan higienis. ARTS: Keterampilan membuat model kue yang menarik dan enak. MATHEMATICS: Keterampilan menghitung biaya bahan-bahan untuk membuat kue (harga pokok) dan laba yang diinginkan. 

Itulah uraian STEAM secara garis besarnya saja. Ingin lebih mahir? Silakan cari pengetahuan tentang itu dengan baca bukunya, browsing di internet, dan tanya kepada orang yang paham tentang STEAM.

0 Response to "APA SIH STEAM ITU?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel