-->

MACAM-MACAM PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Macam-macam perangkat keras komputer - Seperti kita ketahui bersama, komputer menjadi kebutuhan pokok pada zaman yang kekinian. Segala macam kegiatan manusia sudah bersifat digital, yang sebagian besar dioperasikan oleh komputer.
Perangkat keras atau hardware adalah komponen fisik yang membentuk sistem komputer. Secara umum, hardware terbagi menjadi empat bagian penting, yaitu: perangkat masukan (input), perangkat keluar (output), perangkat pengolah data, dan perangkat aksesoris.
Kali ini, ayo kita belajar tentang macam-macam perangkat keras komputer, meski sudah menjadi hal yang umum, bagian dari hardware komputer masih belum diketahui sebagian orang. Dengan mengetahui bagian-bagian komputer ini, kita berharap paling tidak bisa mengetahui jika terjadi permasalahan pada komputer.

Macam-macam perangkat keras komputer (hardware)
1. Mainboard/ motherboard
Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain sebagainya. Dalam istilah bahasa Indonesia, motherboard diterjemahkan sebagai ‘papan induk’, atau sering juga disingkat menjadi mobo. Motherboard sendiri terdiri dari berbagai macam komponen, seperti konektor power, slot prosesor, north bridge controller, dan socket memori. Motherboard memiliki bentuk seperti papan sirkuit elektronik yang berguna sebagai tempat lalu-lintas data. Dengan adanya motherboard, semua perangkat dalam komputer saling terhubung dan dapat bekerjasama sehingga komputer dapat berjalan dengan lancar.

2. Processor
Processor bisa dibilang adalah otak dari sebuah komputer. Mengapa demikian? Karena setiap proses yang masuk maupun keluar selalui diproses oleh processor ini. Oleh karenanya tidak heran processor merupakan salah satu hardware yang sangat mudah panas. Dan karena mudah terlalu panas ini pula, processor selalu dilindungi oleh Heatsink Fan (kipas pendingin).

3. Hard Disk
Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder. Dalam sebuah harddisk terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi menampung data-data secara magnetis. Berbeda dengan RAM yang menyimpan data atau intruksi secara sementara (hilang ketika komputer dimatikan), harddisk akan menyimpan data seperti musik, dokumen, gambar, video, dll secara permanen (tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan, kecuali dihapus pengguna).

Secara umum, terdapat tiga jenis harddisk di pasaran, yaitu IDE (Integrated Drive Electronics), ATA (Advanced Technology Attachment), dan SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Ketiganya memiliki keunikan masing-masing, perbedaannya terdapat pada kecepatan putaran piringan yang berpengaruh terhadap kecepatan pengambilan data dalam komputer. Untuk memasang harddisk, perlu diperhatikan dukungan motherboard. Misalnya, jika yang kita miliki adalah harddisk jenis SATA, maka perlu dipasang pada motherboard yang memiliki port SATA juga.

4. Ram atau Memory
RAM atau Random Acces Memory merupakan perangkat keras yang berfungsi menyimpan data maupun intruksi yang dilakukan oleh prosessor. Berbeda dengan hard disk, penyimpanan pada RAM bersifat sementara. Jadi ketika komputer dimatikan, data maupun intruksi yang disimpan oleh RAM akan hilang/ dikosongkan kecuali komputer tersebut dalam mode hibernate.

Dengan menggunakan RAM, pengguna komputer dapat menulis dan membaca data dalam waktu bersamaan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih RAM. Pilihlah RAM dengan kapasitas besar, karena semakin besar kapasitasnya,semakin cepat pula sebuah komputer melaksanakan perintah yang diberikan. Saat ini, kapasitas minimal yang harus Anda miliki adalah RAM sebesar  2GB (untuk komputer & laptop), di masa mendatang pun perangkat lunak semakin berkembang dan membutuhkan kapasitas memori yang semakin besar. Pilih juga RAM yang menawarkan garansi seumur hidup (lifetime).

5. Power Supply
Power supply merupakan perangkat yang terhubung langsung dengan aliran listrik. Perangkat ini berfungsi sebagai pemberi daya listrik yang dapat merubah tegangan AC menjadi DC.

6. Monitor
Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai alat output yang berfungsi menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis. Tiap merek monitor mempunyai ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Jenis-jenis monitor yang paling umum saat ini adalah monitor CRT (Cathode Ray Tube) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display).

Kualitas monitor tergantung berdasarkan beberapa aspek, seperti resolusi, waktu respons, tingkat kecerahan, pixel pitch, dan perbandingan kontrasnya. Resolusi sendiri merupakan jumlah pixel yang ditampilkan oleh monitor. Semakin banyak jumlah pixel, maka semakin tinggi resolusi monitor. Waktu respon (dihitung dalam milidetik) merupakan waktu yang dibutuhkan untuk membuat pixel mati atau menyala. Pixel pitch menggambarkan jarak (dalam mm) antara pixel-pixel pada sebuah monitor. Rata-rata pixel pitch sebaiknya kurang dari atau sama dengan 0,28 mm.

7. VGA
Perangkat keras ini merupakan perangkat yang berfungsi untuk mengatur tingkat resolusi gambar atau kualitas gambar. Semakin besar kualitas atau spesifikasi VGA anda, maka akan semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan.

8. Optical Drive
Optical drive merupakan salah satu perangkat keras yang berfungsi membaca (read) maupun menulis (write) data dari kepingan CD/ DVD. Terdapat beberapa jenis optical drive yang harus anda ketahui, seperti : CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan lain-lain.

Kecepatan untuk melakukan transfer data pada optical drive disimbolkan dengan ‘x’. Misalnya saja, untuk CD-RW, ada 3 kelompok angka yang digunakan untuk memberi info kecepatan transfer data, seperti contohnya 48x, 32x, 52x. Tiga angka tersebut menunjukkan kecepatan untuk hal yang berbeda, 48x yang terletak paling depan menunjukkan kecepatan menulis/merekam data, 32x yang berada di tengah menunjukkan kecepatan memformat ulang (register write), sementara 52x menunjukkan kecepatan pembacaan.

9. Keyboard
Keyboard adalah alat input dan merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki macam-macam tombol yang memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada penekanannya yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan kemauan kita. Keyboard memegang peranan penting juga terhadap kinerja sebuah komputer atau laptop. Apabila sebuah komputer tidak memiliki keyboard, maka perintah pemasukkan datapun tidak dapat dilakukan. Sebenarnya bisa dengan bantuan mouse, tetapi tidak semua perintah masukkan bisa dengan bantuan mouse.

11. NIC/ LAN Card
NIC atau Network Interface Card adalah sebuah kartu yang berfungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan, baik jaringan lokal atau jaringan internet. Saat ini terdapat dua jenis NIC yang diketahui, diantaranya NIC bersifat fisik (contoh : NIC Ethernet, Token Ring, dll ) dan NIC bersifat logis (contoh : Loopback Adapter dan Dial-up Adapter).

NIC sering disebut juga sebagai network adapter. Setiap NIC memiliki nomor alamat yang disebut dengan MAC Address, yang mampu diubah oleh penggunanya. NIC bekerja dengan cara mengubah aliran paralel pada komputer menjadi bentuk seri, sehingga dapat ditransmisikan melalui jaringan internet. Komputer dapat berinteraksi dengan NIC menggunakan beberapa metode, seperti : input-output yang dipetakan pada memori, DMA (Direct Memory Access), atau memori yang digunakan bersama.

12. Sound Card
Pengertian Soundcard adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang fungsi utamanya sebagai pengolah data untuk audio dan suara. Audio atau suara yang muncul melalui speaker atau headset pada komputer atau laptop adalah hasil olahan data soundcard. Jika anda mengaktifkan aplikasi multimedia pada komputer, namun tidak keluar suara atau audionya maka bisa dibilang ada masalah pada soundcardnya. Soundcard ini terhubung ke komputer melalui slot ISA atau PCI pada motherboard. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan teknologi, soundcard memiliki slot USB atau ditancapkan di socket biasanya disebut sound card eksternal.

Nah, bagian-bagian diatas yang telah disebutkan merupakan sebagian dari macam-macam perangkat keras komputer. Meski masih banyak perangkat keras lainnya, paling tidak bagian-bagian penting tersebut sudah bisa kita pelajari sehingga akan membantu kita dalam mendeteksi permasalahan lebih awal.

0 Response to "MACAM-MACAM PERANGKAT KERAS KOMPUTER"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel