-->

CARA MENGOPTIMALKAN PRESENTASI DENGAN MUDAH

Hallo sahabat netizen,

Bagaimana kabarnya hari ini?
Pastinya baik-baik saja kan?

Kita seringkali dihadapkan pada permasalahan presentasi. Hal ini seakan menjadi momok mengerikan bagi sebagian besar para akademisi, kompetitor perlombaan, pengusaha, atau profesi lainnya yang dituntut menjadi presenter handal dalam presentasinya.

Kali ini admin hendak sharing untuk Anda mengenai 5 tips teknik membawakan presentasi dengan powerpoint/ PPT, yang insya Allah, mudah-mudahan, andai Anda lakukan tipsnya, penampilan Anda bakal jauh lebih baik dari biasanya.

Tapi sebelum saya sampaikan 5 tips tersebut, saya asumsikan, kita sudah dapat membuat slide yang baik. Karena tips yang bakal saya tunjukkan di sini baru bakal bekerja dengan baik, andai slide yang digunakan ialah slide yang baik.

Kalau misalkan Anda belum tahu teknik membuat slide yang baik Anda dapat belajar dulu. Zaman sekarang sangatlah mudah mencari template PPT, baik yang berbayar atau yang gratisan. Kita bisa mengunduh template yang kita suka.

Baiklah, langsung saja berikut 5 tips teknik memberikan presentasi dengan powerpoint yang mesti Anda ketahui. Jika lima tips ini kita lakukan, Anda bakal dapat memperlihatkan presentasi kita dengan lebih efektif, lebih unik dan berkesan guna audiens Anda.

Apa saja tips tersebut, silakan kita simak ulasannya.

1. Sebelum Tampil Cek Peralatan
Ini sangat urgen Anda lakukan. Tujuannya ialah supaya ketika Anda tampil Anda dapat menghindari adanya kekeliruan teknis yang dapat mengganggu jalannya presentasi.Saran saya, terdapat tiga perangkat utama yang mesti kita cek.

Pertama, ialah leptop.
Pastikan leptop Anda telah Anda setting dengan teknik yang benar.
Matikan Screen save, pastikan power dalam suasana Always on, Matikan Online Notification dan atur layar cocok dengan keperluan Anda.

Kedua ialah LCD proyektor.
Seperti yang telah Anda ketahui tanpa LCD kita tidak akan dapat menampilkan slideshow presentasi Anda. Karena tersebut LCD yang bakal Anda pakai juga mesti kita cek.
Bagaimana gambarnya, buramkah atau justeru warnanya tidak sama dengan warna pribumi dari slide Anda.Kalau contohnya Anda mengejar masalah laksana di atas segera ganti LCD dengan yang lebih baik.

Ketiga, remote presentasi.

2. Saat Tampil Manfaatkan Presenter View
Sudah tahu kan faedah presenter view dan teknik mengaktifkan fitur presenter view di powerpoint?
Ok, bila sudah Anda dapat lompati teknik yang kesatu ini, dan langsung membaca teknik yang kedua.
Tapi ingat andai Anda menggiatkan fitur presenter view ini pastikan ketika Anda presentasi Anda dapat meletakkan leptop yang Anda pakai di depan atau disamping depan diri Anda.
Ini supaya saat Anda perlu melihat daftar atau menyaksikan alur dari slide Anda, dengan gampang Anda dapat melihatnya.

3. Kontrol jalannya slide kita dengan remote presenter
Saya harap Anda telah punya yang namanya remote presenter. Karena ini perangkat yang paling fital guna mengontrol jalannya presentasi. Saya pribadi, selalu memakai alat ini, sebab benar-benar ngebantu banget ketika saya presentasi. Mau dari mana juga saya berdiri saya dapat memindah slide tanpa mesti mendekati meja lokasi dimana leptop saya letakkan.
Kan dapat minta pertolongan teman pak?
Memang dapat sih, hanya agak mengkhawatirkan. Karena yang tidak jarang terjadi presenter ngomong ini, eh justeru slide yang tampil beda. Pokoknya gak rekomended banget lah. Kalau dapat jangan pakai pihak ketiga, mending gunakan remote saja. Saran saya bila Anda belum punya investasikan tidak banyak uang guna membelinya.

4. Hindari terlampau sering menyaksikan ke layar
Saya tidak sekali dua kali ya, menyaksikan presenter yang sebetulnya sudah memakai slide bagus.
Teksnya ringkas dengan gambar yang pun menarik perhatian.
Tapi masih terdapat saja lo yang ketika bicara justeru melihat gambar pada slide mereka.
Dan bila Anda pernah menyaksikan yang demikian atau justeru Anda sendiri pun masih melakukannya, maka masalahnya melulu satu.
Itu dikarenakan kelaziman yang sering dilaksanakan sebelumnya.
Atau bila boleh saya pertegas, sebab dulu barangkali sering memakai slide yang sarat teks dan tidak jarang presentasi dengan menyimak akhirnya sesudah mengunakan slide yang telah baik pun kelaziman tersebut masih terbawa.
Karena itulah saran saya, usahakanlah sering-sering berlatih. Kemudian ketika tampil tidak jarang kali sadari apa saja yang kita lakukan. Dengan demikian kita akan dapat meminimalisir menyaksikan tampilan layar.
Apakah tersebut berarti jangan sama sekali menyaksikan layar?
Tentu saja boleh, bila misalnya Anda hendak menunjukkan sesuatu pada slide Anda, yang memang butuh Anda perlihatkan kita memang mesti menghadap pada layar. Hanya saja bila sudah ya mesti segera pulang ke audiens Anda.
Dan bila tidak sedang hendak menunjukkan sesuatu pada layar, lihat layar kita sekilas saja. Kemudian segera langsung arahkan pandangan ke audiens Anda.

5. Optimalkan pemakaian tombol B pada remote atau leptop kita
Ini yang terakhir, suatu teknik yang sangat gampang namun tidak tidak sedikit presenter yang mengoptimalkannya yakni tombol B.
Memang terdapat apa sih dengan tombol B?
Jadi begini dalam presentasi terkadang kita tersebut perlu mematikan layar, di ketika kita hendak audiens konsentrasi dengan apa yang akan anda sampaikan.
Atau contohnya saat anda ingin beralih tempat sementara proyektor di tempatkan terlampau rendah sehingga ketika kita melalui cahaya proyektor bayang-bayang kita akan hadir di layar.
Dalam kondisi yang semacam mematikan layar pun merupakan teknik yang bijak.
Nah itulah faedah tombol B, yaitu guna mematikan layar Anda.
Percayalah walau ini sepele tetapi jika dapat Anda optimalkan presentasi powerpoint yang bakal Anda bawakan bakal terlihat berkelas.
Baik, itulah tadi empat teknik teknik memberikan presentasi powerpoint yang baik.

Saya ulangi lima tips itu adalah:
Cek perlengkapan
Aktifkan fitur presenter view
Gunakan remote presenter
Hindari terlampau sering menyaksikan ke layar
Optimalkan pemakaian tombol B guna mematikan layar

Jika sudah memahami apa yang admin sampaikan, Anda tinggal menerapkannya dalam penampilan presentasi Anda. Selamat mencoba!.

0 Response to "CARA MENGOPTIMALKAN PRESENTASI DENGAN MUDAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel